Contoh Laporan Studi Tour



LAPORAN STUDI WISATA SISWA SMP NEGERI 2 TEMON
DI JAKARTA-BANDUNG
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
TANGGAL 9-12 DESEMBER 2012

KARYA TULIS INI DI ANJURKAN UNTUK MEMENUHI :
SEBAGAI SYARAT KENAIKAN KELAS IX
 

Di susun oleh :
1.     Wisnu Nur Biyantoko            VIII A        NISN :
2.     Rizky Fitri Nur Rakhman     VIII A        NISN :
3.     Wahidin Fitrianto                   VIII A        NISN :
4.     Jamaludin Pangestu              VIII A        NISN :
5.     Hasanudin Wahyu Basuki    VIII A        NISN :




i
PENGESAHAN

LAPORAN STUDI WISATA SISWA SMP NEGERI 2 TEMON
DI JAKARTA-BANDUNG
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
TANGGAL 9-12 DESEMBER 2012
KARYA TULIS INI DI ANJURKAN UNTUK MEMENUHI :
SEBAGAI SYARAT KENAIKAN KELAS IX
TELAH DI SETEJUI DAN DI SAHKAN PADA HARI                TANGGAL                   TEMPAT DI SMP NEGERI 2 TEMON
OLEH:
KEPALA SEKOLAH                                                            PEMBINA
SUKO MULYONO ,S.Pd                                   SUCIPTO HADI ,S.Pd


NIP. 19580615 197803 1 011                             NIP. 19620922 198601 1 001
ii
KATA PENGANTAR
          Dengan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan rahmat dan karunianya,sehingga kami bisa menyelesaikan laporan ini tanpa ada halangan apa pun.laporan ini berisi perjalanan STUDI WISATA kami di Jakarta-Bandung.
          Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang setulus - tulusnya kepada yang terhormat :
1.     Bapak Suko Mulyono, S.Pd. selaku Kepala SMP 2 Temon, yang telah memberikan untuk mengikuti STUDI WISATA ke Jakarta-Bandung.
2.     Bapak Sakirno S.Pd. selaku wakil Kepala SMP 2 Temon.
3.     Bapak Langgeng Raharjo S.Pd. selaku Wali kelas VIII A
4.     Bapak / Ibu Guru SMP 2 Temon yang selalu mendampingi pelaksanaan STUDY WISATA .
5.     Kru Bus yang telah mengantar kami ke tempat objek STUDY WISATA hingga pulang dengan selamat.
6.     Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan penulisan karya tulis ini

kami berharap semoga karya tulis yang cukup sederhana ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca sesuai apa yang kami telah amati di objek wisata. Mudah-mudahan saja dapat membantu dalam kegiatan belajar di SMP 2 Temon ini.







                                                          iii
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………….………………….. i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………….…………………. ii
KATA PENGANTAR ………………………………….…………………… iii
DAFTAR ISI ………………………………...………………………………. iv
BAB I                  PENDAHULUAN ……………………………………….. 1
A.   Latar Belakang ………………………………………. 1
B.   Pengertian dan tujuan studi wisata ………………….1
1.     Pengertian studi wisata siswa…………………….. 1
2.     Tujuan studi wisata……………………………….. 1
a.     Tujuan umum …………………………………. 1
b.    Tujuan khusus ………………………………… 1
C.   Metode pengumpulan data ………………………….. 3
BAB II                 PEMBAHASAN ………………………………………….4
A.   Perjalanan dari awal sampai akhir ………………… 4
B.   Menguji objek- objek wisata ………………………... 4
1.     Sea world ………………………………………….. 4
2.     Keong mas ………………………………………… 5
3.     Planetarium ……………………………………….. 6
4.     PP IPTEK …………………………………………. 7
5.     Istana bogor ……………………………………….. 8
6.     Masjid Istiqlal / Gereja Kathedral…………...……9
7.     Cibaduyut ………………………………………... 10
BAB III                PENUTUP ……………………………………………….11
A.   Kesimpulan …………………………………………..12
B.   Pesan dan kesan …………………………………….. 12
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………...13
LAMPIRAN……………………………………………………………….....14
iv
BAB I  
PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG
Kegiatan STUDY TOUR ini .dilaksanakan karena siswa SMP 2 Temon ingin menambah pengalaman wawasan dan meningkatkan mutu pendidikan .selain itu dapat menambah ilmu pengetahuan, mempertebal  iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kami yakin bahwa semua ini merupakan bangunan ciptaan-Nya. Diadakan STUDY TOUR ini mempunyai beberapa tujuan agar semua siswa SMP 2 Temon mengetahui dan menyaksikan teknologi dan pembangunan yang ada di objek wisata yang ada di Jakarta-Bandung

B.               PENGERTIAN DAN TUJUAN STUDY WISATA
1)                 Pengertian STUDY WISATA
Study berasal dari bahasa inggris yang artinya belajar.
Wisata adalah suatu kegiatan yang mengunjungi objek-objek yang berhubungan dengan sejarah ,karya seni,budaya dan sebagainya.
2)                Tujuan STUDY WISATA
a.                 Tujuan umum
-           Dapat memperluas pengalaman dalam berwisata
-            Dapat menghilangkan kejenuhan dan menghilangkan rasa stress
-            Dapat mengetahui dan melihat perkembangan di Ibu Kota Negara Indonesia
-           Dapat mengenal alat teknologi canggih
b.                 Tujuan khusus
1.       IPS
Tujuannya:
a.             Dapat mengetahui pengetahuan sosial yang meliputi dari geografi dan sejarah.
b.           Dapat menambah sosialis yang tinggi.

1
2.        Jasmani dan Rohani
-         Jasmani tujuannya :
a.     Memupuk kebersamaan teman.
b.    Dapat membantu teman yang sakit di bus.
-         Rohani tujuannya :
a.     Mensyukuri karunia Tuhan atas ciptaan-Nya.
b.    Merasa senang dan gembira .
c.      Kagum atas indahnya alam.
d.    Dapat menghilangkan kejenuhan
3.     PKn
Tujuan
a.     Memupuk tali persaudaraan antara teman.
b.    Dapat menjaga diri dan nama baik.
c.      Dapat merasakan hidup disiplin .
d.    Memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan.
e.      Melaksanakan bangsa dan adil .
4.     Kesenian
Tujuannya :
a.     Mengetahui berbagai budaya bangsa Indonesia yang beraneka ragam.
b.    Melestarikan budaya bangsa Indonesia yang hamper punah karena pengaruh budaya luar.
c.      Mengetahui cara memainkan alat musik daerah.
5.     IPA
Tujuannya :
a.     Dapat mengetahui cara – cara makhluk hidup bisa hidup.
b.    Dapat mengetahui dan mamperbanyak pengetahuan alam.
c.      Dapat mengetahui cara – cara makhluk hidup terjadinya dan penyebab suatu bencana.
d.    Dapat mengetahui nama – nama para ilmuan penemu ilmu teknologi


2
C.               METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam penulisan karya tulis kami meggunakan beberapa metode 
Diantaranya :
1.     Metode pengamatan  langsung  (observasi)
Metode ini dengan cara pengamatan langsung pada objek wisata yang kami kunjungi , kami mencatat apa yang kami lihat (sasikkan) diobjek wisata tersebut.
2.     Metode kepustakan
Metode ini dikukan dengan cara membaca somber bacan diantaranya dengan membaca sumber bacaan diantaranya dengan membaca buku pelajaran, brosur, dan membaca buku panduan yang kami peroleh dari objek wisata yang dikunjungi.
D.               Manfaat penelitian
-         Menambah wawasan dalam karya tulis.
-         Dimanfaatkan dengan baik untuk hal-hal positif.
-         Berguna bagi diri sendiri,sekolahan,keluarga,masyarakat,bangsa dan Negara.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Perjalanan Dari Awal Sampai Akhir
Minggu, 9 Desember 2012 pukul 16.00 WIB rombongan studi wisata SMP 2 Temon berangkat ke Jakarta dan bandung .sebelum berangkat kami shalat ashar dan ber do’a di masjid janten.kami berangkat menggunakan 3 bus. Sekitar jam 18 kami tiba di rumah makan Pelangi di Gombong untuk makan malam dan shalat Magrib di jamak qasar dengan shalat isak. Setelah itu kami meneruskan perjalanan studi wisata.
Senin, 10 Desember 2012 pukul 5.00 kami sampai di Jakarta, tepat nya di penginapan    ASRAMA HAJI PONDOK GEDE. Disana kami beristirahat sejenak, kemudian kami mandi dan makan pagi.setelah selesai kami berangkat menuju ISTANA BOGOR dan PP IPTEK. kegiatan di akhiri pukul     
     
3
B.   Mengunjungi Objek-Objek wisata
1.     Kunjungan ke istana Negara Bogor
Kita di sana dapat mengetahui sejarah Istana Negara Bogor. Istana Negara Bogor ini merupakan salah satu Istana Negara yang ada di Indonesia. Bangunan ini di bangun pada tahun 1745 dan nama tokohnya yaitu Gubernur Jendral Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Istana Negara ini memiliki luas di dalamnya mencapai 1,5 H, disana juga terdapat populasi rusa tutul dari perbatasan India dan Nepal,kini populasinya mencapai kurang lebih 800 ekor .disana terdapat ruang pertemuan, taman, dll
2.     Kunjungan ke PP IPTEK
Merupakan tempat /pusat ilmu teknologi. PP IPTEK didirikan pada tahun 1984 dan tokoh pendirinya yaitu sience centre. Bangunan ini adalah salah satu dari sekian tempat kunjungan di TMII yang terdiri dari 7 bangunan pokok, 6 rumah ibadah, 8 bangunan pendukung, 26 anjungan  + 1daerah, 15 musium, 14 taman, dan 19 fasilitas lainnya. Galeri berisi sekitar 300 alat peraga yang dikelompokan menjadi 14 wahana .
antara lain:  antartika, lingkunan, energy, huida, gelombang,
listrik dan magnet, mekanika, galeri plato, tranpotasi darat, tranpotasi udra, area penelitian cilik, matematika, penyakit dan kesehatan. Di sana juga terdapat tokoh penemu antara lain:
1.     Albert Ein Stein, ia lahir di Jerman pada tanggal 14 Maret 1879 dan meninggal pada tanggal 10 April 1955.
2.     Abdus Salam, lahir di jihang tahun 1928 dan karyanya yang dikenal adalah meneliti dasar elektro dinamika quantum.
3.     Nicolas Copernicus, lahir di Polandia tahun 19 Februari 1873 dan meninggal pada tahun 1943. Karnyanya yang terbesar ialah menumpu teori neliosentris.
4.     Wihelm Oswold, lahir di Riga Latvia pada tanggal 2 September 1853 meninggal pada tanggal 3 April 1932. Karyanya adalah kata Irsis keseimbangan kimia dan kecepatan reaksi.

4
3.     Kunjungan ke Keong Mas
Di sana kami dapat melihat film 3 dimensi. Filmnya seolah –olah nyata, dan kita dapat melihat film theater yang sudah di jadwalkan. Saat itu kami menyaksikan “seorang perempuan menyelamatkan populasi orang utan (Kalimantan) dan populasi gajah(Afrika). bangunan ini didirikan pada tahun 1972 nama tokoh pendirinya adalah Ibu Tien Soeharto.
4.     Kunjungan ke Planetarium
Kita disana diperlihatkan benda-benda di luar angkasa, penggambaran perpindahan dari siang menjadi malam, tempat untuk mempelajari macam-macam planet,dapat mempelajari tentang tata surya. Bangunan ini didirikan pada tahun 1964 dan tokoh pendirinya adalah Presiden soekarno. Planetarium adalah bangunan yang berkubah untuk memperlihatkan susunan tata surya di langit. Planetarium ini dinyatakan sebagai tempat untuk mempelajari tata surya. Adapun koleksi yang ada di Planetarium yaitu:                         gambar Galaksi, gambar Jon Hoort, gambar batuan Bulan, gambar Teleskop Radio, kostum Astronot. Ada beberapa pengamatan : Rumpol Minkowski: penemu Galaksi
jatuh, Galileo Galley, Satelit Mars ditemukan tahun 1877 oleh Asaphttall. Di kubah planetarium kami menyaksikan bintang dan beberapa planet kecil sampai planet besar, penggerakan dari arah timur ke barat, dan bentuk-bentuk/rotasi bintang seperti Leo, Aquarius, Gemini, dan sebagainya
5.     Sea World
Kunjungan Sea World
Disana kita dapat melihat berbagai jenis ikan,mengetahui lebih jauh tentang ikan. Sea world adalah tempat yang cocok untuk melihat berbagai macam ikan air laut maupun ikan air tawar.disana banyak macam ikan seperti ikan piranha,ikan hiu,ikan hias dan terdapat aquarium raksasa.
6.     Cibaduyut
          Cibaduyut berada di daerah selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya terkenal

5
dengan sentral sepatu kulit. Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atauciri khas dari jalan Cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Patung sepatu Cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju jalan Cibaduyut Bandung.
          Sepanjang jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Kita bias melihat toko toko yang berjejer memanjang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Adapun pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk membuat sepatu atau sandal dan lain lain.
Keistimewaan dari Cibaduyut adalah harganya bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa ditawar. Dengan kualitas



BAB III
PENUTUP


A  Kesimpulan
         Dengan diadakan kegiatan ini kami dapatmengunjungi objek- Objek  yang belum pernah kami kujungi. Dan bias menambah banyak  pengetahuan yang lebih luas. Di PP IPTEK  kami puas dengan alat peraga teknologi , di ISTANA BOGOR kami dapat memperoleh pengetahuan sejarah berdirinya, di Planetarium kami puas dapat melihat benda-benda di luar angkasa.
C.   Kesan
-         Bus efisiensi yang di pakai cukup bagus dan nyaman.
-         Hubungan antara guru dan siswa terjalin dengan baik.
-         Hubungan antara siswa menjadi lebih akrap dan kekompakannya.
D.   Pesan
-         Kami mengharapkan laporan (karya tulis) ini dirawat dengan baik.
-         Mudah-mudahan laporan ini dapat menambah dan membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah.
-         Laporan karya wisata ini dapat menambah koleksi laporan.

0 Response to "Contoh Laporan Studi Tour"

Post a Comment

Popular Posts