Definisi Perpustakaan (Menurut Para Ahli)

DEFINISI PERPUSTAKAAN MENURUT PARA AHLI

1.            Menurut Sulistyo-Basuki (1991:3)

Perpustakaan ialah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung.ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Dalam pengertian buku dan terbitan lainnya termasuk di dalamnya semua bahan cetak,buku, majalah, laporan, pamflet, prosiding, manuskrip (naskah), lembaran musik, berbagai karya musik, berbagai karya media audiovisual seperti filem, slid ( slide), kaset, piringan hitam, bentuk mikro seperti mikrofilm, mikrofis, dan mikroburam ( microopaque ). Webster menyatakan bahwa perpustakaan merupakan kumpulan buku, manuskrip, dan bahan pustaka lainnya yang digunakan untuk keperluan studi `atau bacaan, kenyamanan, atau kesenangan.

2.         George M. Eberhart dalam The Whole Library Handbook
               Perpustakaan adalah kumpulan sumber daya dalam berbagai format yang ada
diselenggarakan oleh profesional informasi atau ahli lainnya yang
menyediakan akses fisik, digital, bibliografi, atau intelektual yang mudah dijangkau dan
menawarkan layanan dan program yang ditargetkan
dengan misi mendidik, menginformasikan, atau menghibur berbagai khalayak
dan tujuan merangsang pembelajaran individu dan memajukan masyarakat secara keseluruhan.

3.          Menurut Radom House
Dalam bukunya Dictionary of The English Language, Perpustakaan adalah suatu tempat, berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku dan bahan lain untuk bacaan, studi, ataupun rujukan.

4.          Menurut Ensiklopedia Britannica
Bahwa sebuah perpustakaan adalah himpunan bahan – bahan tertulis atau tercetak yang diatur dan diorganisir untuk tujuan studi dan penelitian atau pembacaan umum atau kedua-duannya.

5.          Menurut Reitz
Menyatakan bahwa perpustakaan adalah koleksi atau sekumpulan koleksi buku atau bahan lainnya yang diorganisasikan dan dipelihara unutk penggunaan/keperluan membaca, konsultasi, belajar, meneliti, yang dikelola oleh pustakawan dan staf terlatih lainnya dalam rangka menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

6.          International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA)
Perpustakaan yaitu kumpulan bahan tercetak dan non cetak dan/atau sumber informasi dalam komputer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.

7.           Ensiklopedi Wilkipedia
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

8.           Menurut P. Sumardji
Perpustakaan adalah koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak maupun grafis lainnya seperti film, slide, piringan hitam, tape, dalam ruangan atau gedung yang diatur dan diorganisasikan dengan sistem tertentu agar dapat digunakan untuk keperluan studi, penelitian, pembacaan dan lain sebagainya.

9.          Menurut C. Larasati M ilburga, dkk.,
Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk dipergunakan secara berkesi nambungan oleh pemakai nya sebagai sumber informasi.

10.     Menurut Darmono
Perpustakaan pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa.

11.        Menurut Wafford
Perpustakaan sebagai salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola dan memberikan layanan bahan pustaka baik buku maupun non buku kepada masyarakat tertentu maupun masyarakat umum.

12.        Menurut Ibnu Ahmad Saleh
Perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang diatur dan disusun dengan sistem tertentu, sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

13.    Perpustakaan Menurut UU NO 43. THN. 2007
Pasal 1
Perpustakaan adalah  institusi pengelola koleksi karya  tulis, karya cetak, dan/atau karya  rekam  secara  profesional  dengan  sistem  yang  baku  guna  memenuhi  kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Dengan demikian, perpustakaan dapat diartikan secara luas sebagai salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis, untuk dipergunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

14.     Ray Prytherch dalam Glosarium Pustakawan Harrod
               (1) Kumpulan buku dan materi sastra lainnya disimpan untuk dibaca, dipelajari dan konsultasi
               (2) Tempat, bangunan, kamar atau kamar yang terpisah untuk penyimpanan dan penggunaan koleksi buku, dll.
               (3) Sejumlah buku yang diterbitkan oleh satu penerbit dengan judul yang komprehensif sebagai 'Loeb Classical Library', dan biasanya memiliki beberapa karakteristik umum seperti subjek, pengikatan, atau tipografi.
               (4) Kumpulan film, foto dan bahan non-buku lainnya, kaset plastik atau logam dan disket, kaset komputer, cakram dan program. Semua dokumen ini, dan juga dokumen cetak dan manuskrip, dapat disediakan di departemen-departemen dari satu perpustakaan besar atau mungkin dalam koleksi terbatas pada satu jenis materi.
               (5) (pemrograman komputer) Satu rangkaian rutinitas yang tersimpan dalam sebuah file. Lebih umum lagi diterapkan pada kumpulan perangkat lunak Aplikasi yang dikumpulkan untuk tujuan tertentu atau kumpulan file data apa pun.



Sekian, semoga bisa menambah wawasan.

0 Response to "Definisi Perpustakaan (Menurut Para Ahli)"

Post a Comment

Popular Posts